Laptop Tidak Bisa Masuk Bios

laptop tidak bisa masuk bios

Apa penyebab laptop tidak bisa masuk bios? Terdapat beberapa benyebab atau indikasi sehingga tidak bisa masuk bios, mulai dari kekeliruan hingga kerusakan pada perangkat.

Sebagai pengguna laptop pasti ada saatnya laptop kita mengalami masalah. Mulai dari masalah perangkat lunak atau software yang terjadi eror hingga perangkat keras atau hardware yang berkendala. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah pada laptop yang bisa berhubungan dengan software ataupun hardware, yaitu masalah pada BIOS dan solusinya.

Ringkasan
Pilih yang kamu butuhkan


Apa itu BIOS?

penyebab laptop tidak bisa masui bios

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang fungsinya mengatur dan memeriksa pengaturan dasar pada laptop. Pengaturan dasar tersebut seperti pengaturan tanggal, waktu, konfigurasi hardisk, manajemen daya listrik, kinerja komuter, dll.

Pada saat kita menyalakan laptop dan sebelum masuk ke sistem operasi, kita akan dihadapkan pada tampilan hitam yang biasanya terdapat instruksi untuk menekan tombol tertentu untuk memasuki BIOS.

Cara Umum Memasuki BIOS Sesuai Merek Laptop

bagaimana cara masuk bios?

Perlu diketahui bahwa cara masuk BIOS untuk setiap merek berbeda-beda. Berikut yaitu cara memasuki BIOS sesuai dengan merek laptop yang kita miliki.

  • ASUS – Ketika laptop dalam keadaan mati, tekan tombol power lalu tekan berulang tombol “F2” hingga muncul menu dari BIOS.
  • HP – Ketika laptop dalam keadaan mati, tekan tombol power lalu tekan berulang tombol “F10”. Namun dalam beberapa tipe laptop HP, ada yang mengharuskan kita menekan tombol “fn + F10” secara bersamaan hingga masuk menu BIOS.
  • LENOVO –  Ketika laptop dalam keadaan mati, tekan tombol power lalu tekan tombol “fn + F2” secara bersamaan hingga masuk menu BIOS.
  • LAINNYA – Biasanya sama dengan cara masuk BIOS dari laptop ASUS dengan menekan berulang tombol “F2”. Cara ini tentunya harus dilakukan  setelah menekan tombol power terlebih dahulu.

Namun jika setelah kamu mempraktekan seluruh cara di atas dan masih belum bisa masuk ke BIOS. Maka bisa jadi laptop kamu bermasalah.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan laptop tidak bisa memasuki BIOS, tapi tenang saja karena setiap jenis masalah tersebut terdapat solusi untuk memecahkannya.

  1. Tombol masuk BIOS tak berfungsi : tombol seperti F2, F10, atau fn, tidak berjalan dengan baik. Hal ini mengakibatkan sulitnya masuk BIOS.
  2. Salah menekan tombol : hal mudah seperti ini seharusnya tidak terjadi. Namun pada kenyataanya ini bisa saja terjadi.
  3. Layar masuk BIOS tidak muncul : hal ini dikarenakan salah satu fitur di laptop kita. Fitur apa itu? Fast booting. Dengan fast booting memungkinkan untuk memasuki Windows tanpa melihat laman masuk BIOS.
  4. BIOS rusak atau corrupt : masalah ini jarang terjadi. Kemungkinan untuk terjadinya kerusakan pada BIOS memang sangat minim, namun ini bisa saja terjadi.
  5. Gagal update : kesalahan ini biasanya terjadi karena ketidaksengajaan dalam update BIOS.

Cara mengatasi laptop tidak masuk BIOS

mengatasi laptop rusak

#1. Periksa keyboard laptop

Kamu bisa cek dulu keyboard kamu yang berkemungkinan salah satu tombolnya tidak berfungsi. Kamu bisa mengeceknya secara online di keyboardchecker.com dan banyak situs cek keyboard lainnya.

Cara pakainya mudah, cukup tekan tombol masuk BIOS. Kalau bisa berarti dia akan merespon, kalau tidak ada respon berarti keyboard kamu bermasalah.

Masalah pada keyboard bisa saja terjadi karena terkena malware atau memang tombol fisik yang rusak. Untuk mengatasi yang terkena malware kamu bisa coba basmi dengan anti malware.

Jika tombol fisik kamu rusak, maka solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

#2. Cek kembali tombol BIOS di laptop kamu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisa saja kamu salah menekan tombol untuk masuk BIOS. Tidak semua laptop menggunakan tombol yang sama untu masuk ke BIOS.

Untuk itu setidaknya kamu bisa mengetahui tombol mana yang digunakan untu masuk BIOS di laptopmu. (gak usah dihafal semua :D)

#3. Matikan fitur fast booting

Fast booting pada laptop bisa dinyalakan dan dimatikan melalui BIOS itu sendiri. Untuk itu sebaiknya jika kita sering mengotak atik laptop, jangan gunakan fast booting. Karena akan menyulitkan untuk masuk ke BIOS di kemudian hari.

#4. Reset BIOS

Kalau memang semua cara di atas itu sudah kamu lakuin dan belum berhasil. Cobalah untuk mereset BIOS. Hampir semua tipe laptop bisa kamu reset BIOSnya.

Mereset BIOS bisa kamu lakukan mereset CMOS (berbentuk baterai jam). Namun untuk mereset CMOS, kamu harus terlebih dahulu membongkar laptop kamu.

#5. Service laptop kamu

Cara ini yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu jika kamu merasa ragu untuk membetulkannya sendiri. Memberikan pekerjaan pada ahlinya memang bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

Kamu bisa reset CMOS ataupun memperbaiki BIOS yang corrupt atau gagal update di service laptop.

Penutup & Kesimpulan

Itulah cara dan tutorial jika laptop atau komputer kamu tidak bisa masuk ke BIOS. Semua solusi ini bisa membantu kamu.

Jika ada hal yang kamu belum paham, atau kamu menemukan masalah baru yang tidak bisa diselesaikan dengan tutorial ini. Komen di bawah supaya bisa dicari solusinya.

Terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *